Setiap yang akan dikatakan
hendaklah dipikirkan lebih dahulu, sehingga perkataan itu tidak
menyinggung orang lain.
102. Bajalan paliharolah
kaki, maliek paliharolah mato.
Menurut adat berjalan dan
melihat, bahkan setiap gerak dan perilaku hendaklah diawasi, jangan sampai
merussak perasaan orang lain.
103. Bukik putuih rimbo
kaluang, dirandang jaguang dihanggusi. Hukum putuih badan tabuang,
dipandang gunuang ditangisi.
Seseorang yang berpantun
diwaktu dia akan menjalani hukuman karena melawan penjajah Belanda.
104. Camin nan tidak
namuah kabua, palito nan tidak kunjuang padam.
Ajaran Adat/Syarak di
Minangkabau bagaimanapun tetap dicintai dan dihormati oleh masyarakatnya
105. Cadiak jan bambuang
kawan, gapuak nan usah mambuang lamak, tukang nan tidak mambuang kayu.
Dalam pergaulan hendaklah
bisa mempergunakan semua orang, jangan dengan jalan bertindak sendiri,
walaupun cukup mempunyai kecerdasan.
106. Condong jan kamari
rabah, luruih manantang barieh Adat.
Didalam pergaulan hendaklah
mempunyai pendirian yang kokoh, dan selalu dijalan yang benar.
107. Cupak basitalago
panuah, undang maisi kandak, bak kain pambaluik tubuah, paralu dipakai tak
buliah tidak.
Adat dan Syarak di
Minangkabau adalah dua ajaran yang mutlak dipakai dan diamalkan.
108. Capek kaki ringan
tangan, capek kaki indak panaruang, ringan tangan bukan pamacah.
Sifat pemuda-pemudi yang
terpuji dan dikehendaki oleh Adat dan agama di Minangkabau, yakni tangkas dan
kesatria tetapi tidak melampaui kesopanan.
109. Cadiak malam biguang
siang, gilo maukia kayu tagak.
Seseorang yang panjang
angan-angan, tetapi satupun tak dapat dikerjakannya, rencana tinggal rencana,
mempunyai sifat pemalas.
110. Cancang tadadek jadi
ukia, kuah talenggang ateh nasi.
Suatu pekerjaan yang tidak
terduga salah melaksanakannya, tetapi karena keahliannya dapat menjadi baik.
111. Cinto banyak parisau
ragu, budi manunggu di ulemu, paham babisiak didalam bathin.
Sifat seseorang yang
selalu mengelamun, tetapi tak berani melahirkan maksud hati.
112. Caliak anak pandang
minantu, mato nan condoang ka nan elok.
Seorang ibu/bapak
hendaklah mencari menantunya yang sesuai dengan anaknya.
113. Calak-calak ganti
asah, pananti tukang manjalang datang, panunggu dukun manjalang tibo.
Seseorang yang dapat
bertindak sementara tenaga yang diharapkan dan ditunggu datang, ( memberikan
pertolongan pertama )
114. Cabua samo dibuang,
usua samo dipamain.
Setiap kita harus menjauhi
perbuatan cabul, dan selalulah mempergunakan informasi dengan
sebaik-baiknya.
115. Dek ribuik rabahlah
padi, dicupak datuak tumangguang, hiduik kalau tidak babudi, duduak tagak
kamari tangguang.
Seseorang yang tidak
berbudi pekerti yang baik maka hidupnya dalam masyarakat serba susah dan
sukar mendapat teman.
116. Dicancang pua
manggarik andilau.
Seorang membikin malu
semua keluarga merasa malu.
117. Dimudiak tubo
dilapeh, dihilia lukah mananti, ditanggah jalo takambang, dilua parangkok
makan.
Suatu pekerjaan dalam
masyarakat, atau suatu persoalan yang tidak dapat mengelakan diri dari padanya.
118. Dek ketek
taanjo-anjo, lah gadang tabao-bao, lah tuo tarubah tido, sampai
mati manjadi paranggai.
Setiap pekerjaan yang
dibiasakan mengerjakannya semenjak kecil baik atau buruk, sukar untuk
merobahnya, bahkan sampai mati tetap akan merupakan pakaian.
119. Dimano kain kabaju,
diguntiang indaklah sadang, lah takanak mangko diungkai, dimano nagari namuah
maju, Adat sajati nanlah hilang, dahan jo rantiang nan dipakai.
Kamajuan suatu negri di
Minangkabau, tidak akan dapat dicapaidengan baik, kalaukiranya ajaran Adat
diamalkan tidak sepenuh hati, atau tinggal sebutan.
120. Dalam aia buliah
diajuak, dalam hati siapo tahu.
Manusia bisa mengetahui
yang lahir, yang bathinnya dalam hati manusia hanya Tuhan yang
mengetahuinya.
121. Dimano bumi dipijak,
disinan langik dijunjuang, dimano sumua dikali disinan aia disauak, dimano
nagari diunyi disinan Adat dipakai.
Ajaran Adat Minangkabau
dapat diamalkan dimana saja, asal pandai menyesuaikan diri dengan
masyarakat yang kita gauli.
122. Darah samo dikacau,
dagiang samo dilapah, tanduak samo ditanam.
Meresmikan penggangkatan
atau penobatan suatu jabatan didalam Adat seperti melantik penghulu.
123. Dihannyuik ka aia
dareh, dibuang katah lakang.
Membuang segala
sifat-sifat yang jelek dan meninggalkan segala perbuatan yang tercela, tidak
ingin mengulang kembali.
124. Dibaok ribuik dibaok
angin, dibaok pikek dibaok langgau, muluik jo hati kok balain pantangan
Adat Minangkabau.
Lain dimulut lain dihati,
tidak sesuai kata dengan perbuatan adalah larangan dalam Adat Minangkabau.
125. Dikaji Adat nan
ampek, itu pusako tanah Minang. Nak tuah cari sapakaik, nak cilako bueklah
silang.
Bersatu teguh dan kuat,
bercerai dan berpecah belah adalah kelemahan dan kehancuran.
126. Ditiliak duduak hukum
Adat, ateh bainah nan duo baleh. Sarintiak kudarat jo iradat, dikurasai
soko mangko nyo jaleh.
Untuk memahami dan
mendalami ajaran Adat dan filsafatnya perlu menghendaki ketekunnan dan mau
memahami arti yang tersirat.
127. Diatua cupak nan duo,
dikaji kato nan ampek, dalam tambolah tasuo, paham disinan mangko dapek.
Kalu untuk mendalami
ajaran Adat dan filsafatnya jangan hanya sekedar menangapi arti lahir
kata, tetapi perlu dipahami arti yang tersirat dibelakangnya.
128. Dibilang kato nan
ampek, partamo kato pusako, sanang hati santoso tampek, disinan ado raso
mardeka.
Kemerdekaan itu baru dapat
dirasakan hasilnya apabila pembangunan dibidang kesejahteraan hidup dan tempat
kediaman telah cukup dan selesai.
129. Dubalang kato
mandareh, pagawai kato basipaik, antaro masin jo padeh, disinan
raso mangkonyo dapek.
Setelah dibandingkan
ajaran Adat Minangkabau dengan Adat Adat lain, maka disana baru jelas
nilainya yang baik.
130. Dek rajin pandai nan
datang, dek malu buruak tasuo, hari pagi mananti patang, insyaflah diri
dengan tubuah.
Ingatlah didalam hidup,
muda akan menjadi tua, tua akan kembali kepada asalnya yakni kembali
kepada tanah.
131. Deta batiak basaluak
timbo, pakaian bangsawan rang di Minang. Dek cadiak niniak nan baduo,
dituka bantuak deta datang.
Kebijaksanaan yang baik
yang dapat diamalkan dalam pergaulan hidup, menjamin hubungan baik sesama
angota masyarakat yang datang dan yang menanti.
132. Dibukak buhua deta
datuak, disamek kain saluak timbo. Kok gapuak lamak tak dibuang, dek pandai
alam santoso.
Kebijaksanaan dalam
pergaulan, pandai menyesuikan diri menimbulkan hubungan yang harmonis
sesama anggota masyarakat.
133. Dibaliak pandakian
ado panurunan, dibaliak panurunan ado pandakian.
Dibalik kesusahan ada
kemudahan, dibalik penderitaan ada kesenangan.
134. Ditiliak barieh jo
balabeh, jo papatah pakaian rang panghulu. Supayo budi samo marateh, nak
tantu ruweh jo buku.
Kalau budi diamalkan dalam
pergaulan, dapat menentukan seseorang baik dan buruk.
135. Didalam luhak nan
tigo, untuak padoman dalam hiduik, kato kiasan didalamnyo, indaklah paham kok
indak dirunuik.
Ajaran Adat Minangkabau
banyak mengandung kiasan dan perumpamaan, tidaklah dapat dipahami kalau
tidak benar didalami.
136. Dimaso tuo
mangucambah, bukanlah tuo manyularo, sungguah kasumba alah merah tibo
disago nan nyato bana.
Tentang sumber pepatah
budi merah sago jadi pilihan, walaupun ada yang merah selain dari sago.
137. Dimano asa titiak
palito, dibaliak telong nan batali, dari mano asa niniak moyang kito iyo
dilereang gunuang marapi.
Orang Minang asal mula
keturunannya ialah dilereng gunung merapi Pariangan Padang Panjang.
138. Diagak mangko
diagiah, dibaliak mangko dibalah.
Setiap pekerjaan yang akan
dikerjakan hendaklah dipikirkan semasak-masaknya, dan buatlah rencana
kerja.
139. Elok baso tak katuju,
baik baso tak manantu.
Seseorang yang kurang
perhitungan dalam pergaulan terlalu royal dengan kawan.
140. Elok diambiak jo
etongan, buruak dibuang jo mufakaik.
Didalam Adat setiap yang
tidak baik, dibuang baik-baik dengan perhitungan dan musyawarah, begitupun
yang baik perlu diambil dengan mufakat.
141. Elok sairiang jo juru
mudi, elok saiyo jo sakato, kok pandai bamain budi, nan lia jinak malakok.
Kalau pergaulan dilengkapi
dengan budi yang baik dan tinggi, segala kesukaran dapat diatasi.
142. Elok nan tidak mangalua,
gadang nan indak mangatanggah.
Seseorang yang tidak
berani mengeluarkan pendapatnya dalam pergaulan.
143. Elok bak karabang
talua itiak, eloknyo tabuang juo, indak babaliak naik lai.
Orang pandai dan cerdik,
tetapi tidak mempergunakan kepandaiannya dan kecerdasan untuk kepentingan orang
banyak.
144. Elok tungkuih tak
barisi, gadak agak tak manyampai.
Seseorang yang lagaknya
seperti orang pandai terlalu jelimet tetapi tidak berhasil.
145. Elok nagari dek
panghulu, elok tapian dek nan mudo, elok masajik dek tuanku, elok rumah
dek bundo kanduang.
Baik suatu negari karena
pimpinannya, begitupun Masjid, tepian karena pemuda pemudi yang tinggi budinya.
146. Faham insyaf faham
nan haniang, faham sangko didoroang hati.
Keinsyafan yang sungguh
datang dari hati akan menimbulkan kecintaan untuk berbuat kebaikan.
147. Faham sak barisi
antah, faham waham bambao lalai.
Keragu-raguan karena
kurang keinsyafan, ia akan membawa kepada kelalaian dalam suatu pekerjaan
yang dilaksanakan.
148. Faham yakin ulemu tatap,
ujuik satu pangang bunta.
Keyakinnan akan membawa
ketetapan hati, dan tekun menghadapi sesuatu pekerjaan.
149. Faham arieh balawan
banyak, faham cadiak maangan urang.
Mempunyai faham yang
terlalu arief menimbulkan sak wasangka, dan cerdik yang tidak dengan
pengetahuan akan selalu merugikan diri sendiri.
150. Faham waham mambao
lalai, faham mati mangunyah bangkai.
Ragu membawa kelalaian,
cemburu buta merugikan diri sendiri.
151. Gadang ombak caliak
kapasianyo, gadang kayu caliak kapangkanyo.
Menilai seseorang jangan
dari pakaiannya, tetapi nilailah dari pengetahuannya dan budi pekertinya.
152. Gadang buayo dimuaro,
gadang garundang dikubangan.
Seseorang akan berkuasa
dalam lingkungan dan bidangnya masing-masing.
153. Gadang sendok tak
mambao, gadang suok tak manganyang, gadang antak indak lalu.
Orang yang besar bicara
takabur dan sombong, biasanya tidak sebesar apa yang dibicarakannya yang dapat
dibuatnya.
154. Gadang tungkuih tak
barisi, gadang galogok tak bamalu.
Seseorang yang berlagak
sombong dan angkuh biasanya dia kurang mempunyai rasa malu.
155. Galogok kuciang
kanaiak, bak mancik palajang atah.
Seseorang yang senantiasa
tergesa-gesa dalam setiap pekerjaan, tetapi hasilnya sangat mengecewakan.
156. Gadang tungkuih tak
barisi, tungkuih elok pangabek kurang.
Seseorang yang bertampang
pandai dan pintar, tetapi sebenarnya isi kosong dari segala-galanya
157. Gadanglah aia banda
baru, nampak nan dari mandi angin. Elok nan usang dipabaru, pado mancari
ka nan lain.
Dari pada mencari sesuatu
yang baru, lebih baik memelihara dan memperbaiki yang telah ada.
158. Gadiang tak ado nan
tak ratak, tak ado mingkudu nan tak bagatah.
Sifat tersalah dan lupa
itu adalah sifat bagi manusia, kecuali yang qadim hanya sifat ALLAH.
159. Gadang jan malendo,
panjang jan malindih.
Kalau menjadi orang yang
memegang kekuasaan jangan berbuat sekehendak hati.
160. Gadang kayu gadang
bahan, ketek kayu ketek bahannyo.
Berbuatlah dalam
masyarakat, baik berkorban dan bekerja sesuai dengan kemampuan kita
masing-masing.
161. Gadang agiah
baonggok, ketek agiah bacacah.
Setiap pembahagian dalam
bersama hendaklah disesuaikan dengan hasi yang diperoleh.
162. Gayuang basambuik,
kato bioso bajawab, himbau basahuti.
Kebaikan orang lain
hendaklah dibalas dengan kebaikan dengan ikhlas dan jujur.
163. Gabak dihulu tando
kahujan, cewang dilangiek tando kapaneh.
Ada suatu alamat dan
tanda-tanda menunjukkan mara bahaya akan datang, atau kerusuhan akan terjadi.
164. Garuih tak namuah
hilang walau nan luko lah sambuah bana.
Suatu kejahatan yang
dibuat seseorang yang sulit dilupakan oleh orang banyak.
165. Geleang kapalo bak
sipatuang inggok, lonjak bak labu dibanam.
Seseorang yang talen dan
gagah yang dibuat-buat karena sombong dan angkuhnya.
166. Gadang maimpok,
panjang malindieh, laweh nak manyawok.
Sifat seseorang berkuasa
yang ingin memperbudak orang lain dalam segala hal.
167. Guruah patuih panubo
limbek, pandan tajamua disubarang, tujuah ratuih carikan ubek badan batamu
mangkonyo sanang.
Seseorang yang sakit
karena cinta dan rindu kepada sesuatu atau kepada seseorang, dia akan
sembuh kapan dapat bertemu atau tercapai yang dicintainya.
168. Gadih panagak ateh
janjang, gadih pancaliak bayang-bayang.
Larangan bagi seorang anak
gadis di Minangkabau.
169. Galundi disawah
ladang, sarik indak babungo lai, budi kalau nampak dek urang, hiduik indak
baguno lai.
Baik laki-laki atau
perempuan kalau budi telah kelihatan dalam pergaulan, sulit untuk
dipercaya buat selama-lamanya.
170. Gilo dimabuak
bayang-bayang, gilo maukia kayu tagak.
Seseorang yang selalu
hidup dalam khayalan tetapi tak mau berusaha.
171. Galang dicinto galang
buliah, niaik sampai cinto basuo.
Seseorang yang memperoleh
nikmat yang selama ini menjadi idamannya.
172. Habih sandiang dek
bagesoh, habih miyang dek bagisia.
Pergaulan bebas antara
muda dan mudi, akan menghilangkan rasa malu antara dua insan yang
berlainan jenis.
173. Habih bisa dek biaso,
habih gali dek galitik.
Pekerjaan yang dilarang
oleh adat dan syarak akan merupakan kebiasaan mengerjakannya, kalau rasa malu
telah hilang dari diri seseorang.
174. Hati gajah samo
dilapah, hati tunggau samo dicacah.
Rasa social dalam hidup
bergaul, harus melaksanakan pembahagian keuntungan dengan adil melihat
kepada keuntungan yang diperoleh sesuai dengan usaha masing
masing.
175. Hawa nan pantang
karandahan, nafasu nan pantang kakurangan.
Nafsu itu seperti lautan
tak penuh karena air dan sampah.
176. Hanyuik sarantau
sagan badayuang, karano tidak mambao galah. Kanan jo kiri tak malenggong,
mudharat mamfaat tak takana.
Seseorang dalam
pekerjaannya tidak memikirkan kerugian dan kesakitan orang lain.
177. Hati ibo mambao
jauah, sayang dikampuang ditinggakan, hati luko mangkonyo sambuah, tacapai
niaik jo tujuan.
Seseorang yang rajin
berusaha untuk mencapai cita-citanya, dia belum merasa puas kalau belum
dapat dicapainya.
178. Hujan batu dikampuang
kito, hujan ameh dikampuang urang, walau bak mano misikin misikin awak,
bacinto juo badan nak pulang.
Kecintaan seseorang kepada
kampung halaman tumpah darahnya, walau senang badan dirantau orang namun
kampung teringat juga
179. Harok diburuang
tabang, punai ditangan dilapehkan.
Seseorang yang
mengharapkan sesuatu yang belum tentu didapatnya, tetapi dia
telah membuang apa yang dimilikinya.
180. Hari sahari
diparampek, hari samalam dipatigo.
Seseorang yang pandai
mempergunakan waktu dalam hidupnya.
181. Hutang lansai dek
babaia, ketek utang dek angsuran.
Hutang wajib dibayar, dan
dia akan bertambah kecil kalau tetap diangsur membayar.
182. Hulu baiak pandai
batenggang, hulu malang salah galogok.
Seseorang akan bahagia
kalau pandai bertengang dalam hidup, tetapi bahaya mudah terjadi kalau
tidak mempunyai perhitungan.
183. Haniang saribu aka,
pikia palito hati.
Seseorang yang tenang
dalam menghadapi kesulitan akan mudah mengatasi kesulitan karena pikiran
itu pelita hati.
184. Hukum jatuah sangketo
sudah, dandam habih kasumat putuih.
Terciptanya perdamaian
dalam masyarakat.
185. Habih dayo badan
talatak, habih paham aka baranti.
Berusahalah sejauh
kemampuan yang ada pada kita dalam masyarakat.
186. Hilang raso jo
pareso, habih malo jo sopan, hewan babantuak manusia.
Kalau raso pareso telah
lenyap dari seseorang, walaupun hilang sendirinya, bukan disebut manusia
lagi, tetapi hewan yang berbentuk manusia.
187. Hari baiak
dibuang-buang, hari buruak dipagunokan.
Seseorang yang senang
tiasa membuang waktu yang baik, dan memakai waktu yang banyak untuk hura
hura.
188. Iduik batampek, mati
bakubua, kuburan hiduik dirumah tanggo, kuburan mati ditangah padang.
Seseorang harus mempunyai
tempat kediaman, dan kalu mati perlu dikuburkan.
189. Inggok mancakam
batang, tabang manumpu dahan.
Perpindahan masyarakat
dari suatu negeri kenegeri lain, diperlukan penyesuaian diri dengan
masyarakat yang ditempati.
190. Ingek-ingek sabalun
kanai, bakulimek sabalun habih.
Dalam bergaul perlu ada
kehati-hatian jangan sampai berbuat kesalahan.
191. Iman nan tak buliah
ratak, kamudi nan tidak buliah patah.
Ke-Imanan harus dijaga
jangan sampai tergelincir, dan kemudian harus dijaga jangan sampai patah,
karena kedua-duanya menjadikan karam seseorang dalam kehidupan dan
kehilangan pedoman.
192. Isi kulik umpamo
lahia, gangam arek pagangan taguah.
Sesuaikanlah kata dengan
perbuatan, dan itulah yang harus diamalkan didalam hidup.
193. Indomo di Saruaso,
Datuak Mangkudun di Sumaniak, sabab anak jatuah binaso, ibu bapak nan
kurang cadiak.
Kemelaratan dan kesesatan
seorang anak adalah disebabkan kelalaian kedua orang ibu bapaknya.
194. Ilang tak tantu
rimbonyo, hanyuik tak tantu muaronyo.
Sesuatu persoalan yang
tidak tentu penyelesaiannya dan hilang begitu saja.
195. Jalan dialiah dek rak
lalu, cupak dipapek dek rang manggaleh.
Secara tidak disadari
kebudayaan asli kita dipenggaruhi oleh kebudayaan dan adat istiadat asing.
196. Janji biaso mungkia,
titian biaso lapuak.
Peringatan agar jangan
mudah berjanji dengan seseorang, hendaklah dikuatkan kata-kata InsyaAllah.
197. Jan dicampuakan
durian jo antimun, jan dipadakekkan api jo rabuak.
Selalulah hati-hati
terhadap pergaulan muda mudi, karena pergaulan bebas akan mengakibatkan
rusaknya moral antara keduanya.
198. Jan taruah bak
katidiang, jan baserak bak anjalai.
Setiap yang akan dikatakan
hendaklah dipikirkan terlebih dahulu, karena lidah tidak bertulang,
membicarakan orang lain.
199. Jauah nan buliah
ditunjuakkan, dakek nan buliah dikakokkan.
Sesuatu bukti dan
keterangan yang dapat dikemukakan dan ditunjukkan dengan nyata.
200. Jalan pasa nan
kadituruik, labuah goloang nan kaditampuah.
Selalulah kita berbuat dan
bertindak atas kebenaran dan menurut undang-undang yang berlaku.
bersambung...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar