301. Nan salajang kudo
balari, nan sahentak kuciang malompek.
Panjang rumah adat yang
menjadi kebanggaan masyarakatnya.
302. Nan basasok bajarami,
nan bapandan bapakuburan, soko pusako kalau tadalami, mambayang cahayo diinggiran.
Mendalami ajaran adat
Minang dan filsafatnya serta dapat diamalkan dalam pergaulan akan menggangkat
martabat kemanusianya.
303. Nan tuo dihormati,
nan ketek di sayangi, samo gadang baok bakawan.
Selalulah menghormati
orang tua, lebih-lebih ibu dan bapak dan orang tua umurnya dari kita,
sayangi anak-anak, hormat menghormat sama sebaya.
304. Nan suku babuah
paruik, korong kampuang didalam jurai, dek urang tuo lah lamo hiduik,
dunialah lamo inyo pakai.
Menghormati orang tua dari
kita umurnya, bukan tergantung kepada ilmu dan kepandaiannya saja, tetapi
karena ketuaannya.
305. Nagari bapaga undang,
kampuang bapaga buek, tiokmlasuang ba ayam gadang, salah tampuah buliah
diambok.
Patuhilah norma-norma yang
berlaku didalam masyarakat, karena setiap masyarakat mempunyai normanya
sendiri-sendiri.
306. Niniak moyang di duo
koto, mambuek barih jo balabeh, Bulek dek tuah lah sakato, nak tantu
hinggo jo bateh.
Patuhilah keputusan
bersama yang telah dibuat oleh pemuka kita, oleh masyarakat dan sipembuat
peraturan sendiri.
307. Nan barek samo
dipikua, nan ringan samo dijinjiang.
Didalam adat selalu
dianjurkan agar setiap pekerjaan yang baik dikerjakan secara bersama.
308. Nan sakik iyolah
kato, nan padiah iyolah rundiang. Dek tajam nampak nan luko, dek kato hati taguntiang.
Perkataan yang menyakiti
lebih berbahaya dari pisau yang tajam.
309. Nan sakik iyo lah
kato, nan malu iyolah tampak.
Kata-kata yang berbisa,
sama dengan rasa seseorang yang tahu harga dirinya mendapat malu.
310. Nan mudo biaso
bimbang, manaruah rambang jo ragu, kalau batimbo ameh datang, lungga lah
ganggam nan dahulu.
Meniru-niru kebudayaan
asing yang tidak sesuai dengan kepribadian kita, akan menghilangkan
kemurnian kebudayaan sendiri dan kehilangan pegangan.
311. Nan dikatokan kato
pusako, iyolah kato undang-undang. Dek lamo tak namuah lupo manjadi padoman
pagi jo patang.
Bagi orang Minang yang
memahami ajaran yang terkandung didalam adatnya, tidak bisa diabaikan dan
dilupakan, bahkan menjadi pegangan dan pedoman dalam hidup.
312. Nak elok lapangkan
hati, nak haluih baso jo basi.
Agar menjadi orang baik
dan disegani selalulah bersifat sabar, dan baik budi bahasa.
313. Nak luruih rantangkan
tali, luruih bana dipacik sungguah.
Selalulah bersifat lurus
dan tulus ikhlas dalam pergaulan, yakni selalu bersifat benar dan jujur.
314. Naiaklah dari
janjang, turunlah dari tango.
Selalulah berbuat sesuai
aturan dan undang-undang yang berlaku, menurut adat dan agama Islam serta
pemerintah.
315. Nanang saribu aka,
haniang ulu bicaro, pikia palito hati, dek saba bana mandatang.
Ketenangan dalam berpikir,
menimbulkan aspirasi yang baik, dan kesabaran mendatangkan kebenaran.
316. Nak tahu digadang
kayu caliak ka pangkanyo, nak tahu di gadang ombak caliak ka pasianyo.
Kalau ingin menilai
kebesaran atau kebaikan seseorang bergaullah dengan dia.
317. Nan bak mananti aia
ilia, nan bak manutuik manggih langkeh.
Seseorang yang
mengharapkan sesuatu yang tidak mungkin dapat diperolehnya.
318. Nan bak banang
dilando ayam, nan bak bumi diguncang gampo.
Suatu musibah yang datang
menimpa dengan tiba-tiba, yang tidak diduga sama sekali sehingga timbul
kekacauan dan kepanikan.
319. Nan elok dek awak
katuju dek urang, sakik dek awak sakik dek urang.
Berbuatlah dalam segala
perbuatan gerak dan perilaku yang disenangi oleh orang banyak.
320. Nan mudo pambimbiang
dunia, nan capek kaki ringan tangan, acang-acang dalam nagari.
Pemuda harapan bangsa
ditangan pemuda terletak maju mundurnya bangsa dimasa depan.
321. Nak jan jauah
panggang dari api, latakkan sasuatu ditampeknyo.
Agar suatu tindakkan dalam
masyarakat tepat pada sasarannya maka serahkanlah sesuatu kepada ahlinya.
322. Nan tahu dikayu
tinggi alang, nan tahu diposo-poso ayam, nan tahu dikili-kili banting.
Yang mengetahui diseluk
beluk dan sifat masyarakat suatu negeri adalah para cendekiawan negeri
tersebut.
323. Ombak barayun manuju
pantai, riak nyato manuju tapi. Indak guno jadi rang pandai, kalau baulemu
indak babudi.
Tak ada arti menjadi
seorang pandai kalau tidak mempunyai budi pekerti, karena hancur masyarakat
karena kepandaiannya.
324. Ombak ditantang
manuju pulau, laia dikambang manantang angin.
Untuk mencapai suatu
tujuan dan cita-cita senantiasa mengalami cobaan dan rintangan
325. Olok-olok mambao
sansai, garah-garah jadi binaso.
Perbuatan dan tingkah laku
yang tidak pada tempatnya, akan membawa akibat yang merugikan.
326. Olak olai rang
basiang, sorak sorai rang karimbo.
Suatu kebiasaan diwaktu
beramai-ramai bekerja, timbul kelakar dan gembira, untuk kegairahan dalam
bekerja.
327. Pulau pandan jauah
ditangah, dibaliak pulau angso duo, hancua badan dikanduang tanah, budi
baiak dikana juo.
Budi bukan hanya diingat
sampai mati tetapi akan diperhitungkan dan diingat dibalik lahad.
328. Pisang ameh baok
balaia, masak sabuah didalam peti, hutang ameh dapek dibaia, hutang budi
dibao mati.
Hutang emas dan perak
dapat dibayar tetapi hutang budi dibawa mati.
329. Pucuak pauah sadang
tajelo, panjuluak buah ligundi, nak jauah silang sangketo, pahaluih baso jo
basi.
Agar terjauh dari silang sengketa
dalam pergaulan perbaikilah budi dan bahasa, pakai sifat sopan dan santun.
330. Pado pai suruik nan
labiah, samuik tapijak indak mati, alu tataruang patah tigo.
Kata kiasan terhadap
pemuda pumudi Minang yang mempunyai ketenangan tetapi tegas dan bijaksana
tentang ketangkasannya dan tinggi budinya.
331. Padi disisiak jo
hilalang, tapuang dicampua jo sadah.
Perbuatan kebaikan
dicampur dengan perbuatan kejahatan.
332. Padi ditanam padi
tumbuah, lalang ditanam lalang tumbuah.
Kebaikan yang diperbuat oleh
seseorang akan berbalas dengan kebaikan, begitu juga sebaliknya.
333. Padi dikabek jo
daunnyo, batang ditungkek jo dahannyo.
Kebijaksanaan yang dipakai
oleh seseorang didalam memimpin anak kemenakan, untuk menggongkosinya
dicari suatu usaha.
334. Papek dilua runciang
didalam, talunjuak luruih kalingkiang bakaiek.
Sifat yang sangat tercela,
mulut manis tetapi hati jahat, dan berbisa.
335. Pikia palito hati,
tanang hulu bicaro.
Pikiran yang mempunyai
pertimbangan adalah penangkal lampu yang menerangi bagi hati, dan
ketenangan akan mengeluarkan bicara yang berguna.
336. Pilin kacang nak
mamanjek, pilin jariang nak barisi.
Seseorang yang berusaha
dengan cara yang tidak benar untuk mendapatkan sesuatu.
337. Panjeklah batang
tinggi-tinggi, basuo pucuak silaronyo, kalilah urek dalam-dalam basuo urek
tunggang jo isinyo.
Seseorang yang benar-benar
mendalami ajaran adat Minangkabau, dengan menelaah kalimat demi kalimat
dari filsafatnya, dia akan peroleh mutiara berharga untuk kehidupan.
338. Putiah manahan sasah,
hitam manahan tapo.
Yang dikatakan kebenaran
boleh tahan uji, asal orang yang waras semua mengatakan benar.
339. Padang gantiang
baranah-ranah, kahilia jalan kapianggu, sasimpang jalan kasikabu, duduak samo
randah tagak samo tinggi dalam adat Minangkabau.
Didalam ajaran adat
manusia tidak berkasta, tetapi yang membedakan budi dan jabatan yang dipilih
bersama.
340. Pulai batingkek
naiak, maninggakan ruweh jo buku, manusia batingkek turun, maninggakan barih jo
balabeh
Setiap pribadi menurut
ajaran adat Minangkabau haruslah berusaha meninggalkan jasa yang baik
terhadap anak cucu dan masyarakat.
341. Partamo banamo
Minang, Minangkabau namo kaduo, nan kayo mandi baranang, nan bansaik bandi
batimbo.
Didalam menghadapi kerja
bersama haruslah ikut serta setiap orang menurut kemampuannya masing-masing
untuk pengorbanan
342. Partamo cupak usali,
kaduo cupak buatan. Kalau dulu disasali manjadi tuah pandapatan.
Sesal dahulu pendapatan,
sesal kemudian tak berguna.
343. Patah de mamapek,
maja de mangilia, dek harum talalu angik.
Sesuatu pekerjaan yang
dikerjakan, atau pengajaran terhadap seseorang terlalu melampaui batas hingga
tidak mencapai hasil yang diharapkan.
344. Pucuak dicinto ulam
tibo, sumua dikali aia dapek.
Seseorang yang mencinta
sesuatu yang dirindukan tiba-tiba datang dengan segera.
345. Panakiak pisau
sirauik, ambiak galah batang lintabuang, silodang ambiak ka niru, satitiak
jadikan lauik, nan sakapa jadikan gunuang alam takambang jadi guru.
Adat Minangkabau
dipelajari oleh nenek moyang dahulunya, dari ketentuan alam terkembang
jadi guru.
346. Partamo lareh nan
tinggi, kaduo lareh nan bunta, kalau tak pandai kito mambimbiang indak
katantu sah jo bata.
Bagi seorang bapak/mamak
di Minangkabau kalau tidak memberikan bimbingan sungguh-sungguh terhadap
anak kemenakan, tidaklah diketahuinya sah dan batal.
347. Pandai mangulai
ambuang-ambuang, bak umpamo gulai kincuang, baunnyo maimbau-imbau, tapi rasonyo
amba sajo.
Seseorang yang senantiasa
berjanji muluk, tetapi sekalipun tidak terpenuhi.
348. Pangka kusuik ujuang
bakaruik, ikua kupiak kapalo randah.
Seseorang yang selalu
bersifat ragu dan engan karena kurang pengetahuan dan pengecut.
349. Pandai batanam tabu
dibibia, pandai baminyak aia.
Orang yang selalu bermulut
manis, tetapi di hatinya bersarang dengki dan khianat.
350. Pusek jalo kumpulan
ikan, pucuak usah tarateh, urek ijan taganjak.
Pimpinan seperti ibu dan
bapak, guru, merupakan tumpukan dari segala contoh baik dan buruk bagi
anak-anaknya.
351. Pasa jalan dek
batampuah, lanca kaji dek ba ulang.
Pengetahuan didapat dengan
dipelajari, untuk lebih praktis harus diamalkan dalam kehidupan.
352. Pandai karano
batanyo, tahu karano baguru.
Pengetahuan diperdapat
karena belajar, pendidikan dan banyak bertanya kepada orang yang tahu.
353. Panjang namuah
dikarek senteng namuah dibilai, singkek namuah diuleh, kurang namuah
ditukuak.
Sebaik-baik manusia mau
menerima nasehat dari pada orang lain dan menggakui kelemahannya.
354. Rarak kalikih dek
minalu, tumbuah sarumpun jo kayu kalek. Kok habih raso jo malu bak kayu
lungga pangabek.
Kalau rasa malu telah
hilang dari manusia, maka manusia itu sulit untuk diarahkan kepada
kebaikan, dan sulit untuk menyusun masyarakat.
355. Ratak indak mambao
caro, rannyuak nan indak mambao hilang.
Persengketaan dalam rumah
tangga dan keluarga, jangan mengakibatkan putusnya hubungan kekeluargaan.
356. Rumah tampak jalan
indak tantu, angan lalu faham tatumbuak.
Seseorang yang ingin
mendapatkan sesuatu, tetapi tidak mendapat jalan dan pengetahuan untuk
mencapainya.
357. Raso aia kapamatang,
raso minyak kakuali, nan bakabek rasan tali, nan babungkuih rasan daun.
Seseorang yang mempunyai
hubungan kekeluargaan, sedarah, sekampung, senagari, senegara, dia akan
selalu berpihak dalam pembelaan keluarga.
358. Rumah indak
batungganai, kappa nan indak banangkodoh.
Masyarakat atau keluarga
yang tidak mempunyai pemimpin, sama halnya seumpama kapal tanpa nakhoda.
359. Rumah gadang bari
bapintu, nak tarang jalan kahalaman, kalau dikumpa saleba kuku jikok
dikambang saleba alam.
Ajaran adat Minangkabau
akan dapat dimamfaatkan untuk mengatur masyarakat, semenjak dari yang
kecil seperti keluarga, sampai kepada yang lebih besar seperti negara dan
dunia.
360. Riwayaik jambi lah
tasabuik, panjang tajelo disilukah, barih balabeh mangkonyo cukuik, sampai
ka hulu baru sudah.
Ajaran adat Minangkabau
dengan segala persoalannya dapat dipahami apabila didalami. Adat sebagai
kebudayaan dan adat sebagai budi pekerti.
361. Rupo mangatokan
harago, kurenah manunjuakan laku, walau nan lahia tampak dek mato, nan
bathin tasimpan dalam itu.
Kalau dipelajari ajaran
adat yang dihimpun dalam pepatah petitih, mamang dan bidal, mengandung
arti lahir dan bathin.
362. Raso dibaok naiak,
pareso dibaok turun.
Pembinaan pribadi yang
baik hendaklah dimulai dalam lingkungan anak kemenakan.
363. Raso kabarek
dilapehkan, raso kasulik dielakkan, bak cando mangganggam baro.
Seseorang yang tidak
bertanggung jawab kepada tugas dan kewajibannya.
364. Surang makan cubadak,
sadonyo kanai gatahnyo, saikua kabau bakubang sakandang kanai luluaknyo.
Sesuatu perbuatan yang
tercela menurut adat dan agama di Minangkabau yang dikerjakan oleh seorang
anggota masyarakat, maka malu dirasakan oleh seluruh anggota kaum yang
lain.
365. Sio-sio- nagari alah,
kalau cilako utang tumbuah.
Pekerjaan yang sia-sia dan
berbahaya akan mengakibatkan kerugian bersama, berbuat salah mengakibatkan
terjadinya hutang.
366. Sayang di anak
dilacuti, sayang di kampuang ditinggakan.
Kalau sayang kepada anak
jangan dibiarkan dia mengerjakan yang tidak baik, harus dimarahi. Kalau
cinta sama kampung harus ditinggalkan untuk mencari pengetahuan untuk
disumbangkan akhirnya kelak.
367. Sadang manyalam minum
aia, sadang badiang nasi masak.
Sesuatu pekerjaan yang
dapat dikerjakan sambil lalu, dengan tidak mengurangi kepada pekerjaan yang
sedang dilakukan.
368. Senteang bilai
mambilai, panjang karek mangarek.
Hendaklah memberikan
pertolongan kepada teman yang sedang dalam kesusahan, dan memberi nasehat
kalau dia terlanjur.
369. Satitiak jadikan
lauik, sakapa jadikan gunuang.
Berusahalah dengan dasar
pengetahuan yang ada untuk melanjutkan mencapai pengetahuan yang lebih
tinggi.
370. Suri tagantuang
ditanuni, luak taganang kito sauak.
Tentang ajaran adat yang
secara mutlak dilaksanakan, tanpa dimusyawarahkan.
371. Sakalam kalam hari
sabuah bintang bacahayo juo.
Tidak seluruh orang keluar
dari garis kebenaran, sekurang-kurangnya satu orang ada yang
menegakkannya.
372. Sabanta sakalang hulu,
salapiak sakatiduran.
Dua orang berteman secara
akrab yang sulit untuk dipisahkan.
373. Sandi banamo alua
adat, tonggak banamo kasandaran.
Hikmah rumah adat di
Minangkabau, yang sendinya kebenaran bersama, sandaran kuat hukum adatnya.
374. Sasiuak namuah ka
api, salewai namuah ka aia.
Seseorang yang ingin
mendapatkan sesuatu dengan cara yang tidak baik.
375. Satali pambali
kumayan, sakupang pambali katayo, sakali lancuang kaujian, salamo hiduik
urang indak picayo.
Haruslah bersifat jujur
dan benar dalam pergaulan, kalau kelihatan kecurangan satu kali selamanya
orang tidak percaya lagi.
376. Syarak banamo lazim,
adat nan banamo kewi, habih tahun baganti musim, buatan nan usah diubahi.
Bagaimanapun kesulitan
yang dihadapi, kesengsaraan yang dialami, tetapi keputusan bersama jangan
dirobah.
377. Siang manjadi
tungkek, malam manjadi kalang.
Hendaklah pegang dan
amalkan setiap pelajaran yang baik dan nasehat orang tua.
378. Sungguahlah kokoh
adat Minang, mambuek adat jo limbago, malangnyo panjajah datang, rusaklah
adat dibueknyo.
Adat Minang yang kuat dan
kokoh dulunya telah banyak dirusak oleh penjajah di zaman lampau.
379. Satuntuang tabu dek
ulek, satuntuang sajo kito buang.
Seorang berbuat salah
jangan semua keluarga dibencii.
380. Sirauik tajam
batimba, tak ujuang pangka manganai, sudu-sudu batimba jalan, ditakiak kanai
gatahnyo. Kalauik tuah takaba, bumi jo langik nan mananai. Duduak
di kampuang jan umbilan, kandang buek tumpuan tanyo.
Seharusnya setiap orang
Minangkabau mengetahui tentang seluk beluk filsafat adatnya, karena semua
bangsa mengenal keunikan adat Minangkabau itu, terutama tentang sistim
kekerabatannya dan matrilinialnya.
381. Siriahlah pulang
kagagang, pinanglah suruik katampuaknyo. Karih baliak kasaruangnyo, baju
tasaruang ka nan punyo, ameh pulang katambangnyo.
Suatu benda berharga yang
sudah lama tidak ditemui, sekarang kembali kepada yang empunya semula,
seperti merebut tanah air dari tangan penjajah, sampai kita merdeka.
382. Sadang baguru
kapalang aja, lai bak bungo kambang tak jadi. Kunun kok dapek
dek mandangga, tidak didalam dihalusi.
Setiap menuntut
pengetahuan jangan putus ditengah, dan kurang mamfaatnya dengan mendengar
saja, kalau dibandingkan dengan belajar sesungguhnya.
383. Sabab karano dek
baitu, tumbuahlah niaik dalam hati, nak manuruik tambo nan dahulu sajarah adat
nan usali.
Kalau ajaran adat telah
dapat dipahami kemana masyarakat hendak dibawa oleh ajaran adat itu maka
akan timbullah hasrat untuk mendalamnya.
384. Sangajo guno
diuraikan, kahadapan nan basamo, untuak nak samo dipikiakan, nak samo
dirunuak nan tujuan.
Penggugah hati para
pembaca terutama putra Minang untuk mendalami filsafat adatnya.
385. Satinggi-tinggi
malantiang, mambubuang ka awang-awang, suruiknyo katanah juo. Sahabih
dahan jo rantiang, dikubak dikulik batang, tareh panguba barunyo nyato.
Adat Minangkabau tidak
akan bisa dipahami secara baik, apalagi untuk dihayati dan diamalkan tanpa
mendalami sungguh-sungguh.
386. Santan babaleh jo
tubo, nikmat babaleh jo sansaro.
Kebaikan yang pernah
diberikan seseorang kepada orang lain, tetapi balasannya dengan yang
buruk.
387. Saumpamo aua jo
tabiang, umpamo ikan jo aia.
Pergaulan yang baik saling
bantu membantu dan kuat menguatkan, dan saling membutuhkan.
388. Sikujua baladang
kapeh, kambanglah bungo karawitan. Kok mujua mandeh malapeh bak ayam
pulang kapautan.
Setiap orang pergi
merantau mengharapkan kehidupan yang baik dan pendapatan yang akan dibawa
kekampung halaman.
389. Tak lakang dek paneh
tak lapuak dek hujan, dianjak tak layua, dibubuik tak mati.
Kebenaran yang dikandung
oleh Adat Minangkabau, karena ajarannya bersumber dari ketentuan alam yang
disusun jadi pepatah yang senantiasa kebenarannya tidak dapat dibantah.
390. Tabujua lalu
tabalintang patah.
Untuk mempertahankan
kebenaran hendaklah dengan kegigihan yang sungguh-sungguh.
391. Tarandam-randam indak
basah, tarapuang-apuang indak hanyuik.
Sesuatu perkara yang tidak
jelas duduknya, selesai tidak diusutpun tidak.
392. Tak ujuang pangka
mangganai, saragi baliak batimba.
Seseorang yang mempunyai
pengetahuan dan alat-alat yang lengkap, yang dapat dipakai serba guna.
393. Tasingguang kanai
miangnyo, tagisia kanai rabehnyo.
Kesalahan yang dibikin
oleh seseorang, merembet-rembet kepada orang lain.
394. Tak siriah pinang
mamalan, tak pasin anguakpun tibo.
Seseorang yang pandai
mengikat seseorang dengan suatu perhitungan.
395. Tak laju bandiang
mamacah, tak lalu dandang di aia, digurun ditajakkan juo.
Seseorang yang berpikiran
jahat kepada orang lain, dia selalu berusaha untuk melaksanakan dimana dan
kapan saja.
396. Tatungkuik samo makan
tanah, tatilantang samo minum ambun, tarapuang samo hanyuik, tarandam samo
basah.
Kerja sama yang baik dalam
masyarakat, kesatuan hati dan pikiran, kesatuan pendapat dan gerak adalah pokok
utama.
397. Titiak buliah
ditampuang, maleleh buliah dibaliak.
Hasil kerja sama yang baik
ini akan dapat dinikmati bersama oleh orang banyak.
398. Tagak indak tasundak,
malenggang indak tapampeh.
Seseorang pemimpin yang
punya wewenang penuh dan wibawa.
399. Talalok talalu mati,
manyuruak talalu hilang.
Seorang pandai yang
meinsulirkan diri dari masyarakat dan tak ingin bertanggungjawab.
400. Tinggi lonjak gadang
galapuah, nan lago dibawah sajo.
Sifat seseorang yang
senantiasa segala pandai dihadapan orang yang tak tahu, tetapi sebenarnya
kosong belaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar