Kekuasaan Kaum – Modal Berdiri atas didikan
yang berdasar kemodalan.
Kekuasaan Rakyat hanyalah bisa diperoleh dengan didikan kerakyatan.
Kata Pengantar Penerbit
Lagi sebuah buku kecil
(brosur) Tan Malaka berjudul “SI Semarang dan Onderwijs”, yang ejaan lama telah
kita sesuaikan dengan ejaan baru, dan juga telah kita tambah dengan daftar arti
kata-kata asing hal 34-36.
Brosur ini diterbitkan di
Semarang pada tahun 1921 oleh Serikat Islam School (Sekolah Serikat Islam).
Karya pendek Tan Malaka ini sudah termasuk: “Barang Langka”. Brosur ini
merupakan pengantar sebuah buku yang pada waktu itu akan ditulis oleh Tan
Malaka tentang sistem pendidikan yang bersifat kerakyatan, dihadapkan pada
sistem pendidikan yang diselenggarakan kaum penjajah Belanda. Bagaimana nasib
niat Tan Malaka untuk menulis buku tentang pendidikan merakyat itu, kami
sebagai penerbit kurang mengetahuinya. Mungkin Tan malaka tidak sempat lagi
menulisnya karena tidak lama kemudian beliau dibuang oleh penjajah Belanda karena
kegiatan perjuangannya dan sikapnya yang tegar anti kolonialisme, imperialisme
dan kapitalisme. Terserah kepada penelitan sejarah Bangsa Indonesia nantinya
untuk menelusuri perkara ini. Yang jelas tujuan Tan Malaka dalam pendidikan
ialah menciptakan suatu cara pendidikan yang cocok dengan keperluan dan
cita-cita Rakyat yang melarat !
Dalam hal merintis
pendidikan untuk Rakyat miskin pada zaman penjajahan Belanda itu, tujuan utama
adalah usaha besar dan berat mencapai Indonesia Merdeka. Tan Malaka berkeyakinan
bahwa “Kemerdekaan Rakyat Hanyalah bisa diperoleh dengan DIDIKAN KERAKYATAN”
menghadapi “Kekuasan Kaum Modal yang berdiri atas DIDIKAN YANG BERDASARKAN
KEMODALAN”.
Jadi, usaha Tan Malaka
secara aktif ikut merintis pendidikan kerakyatan adalah menyatu dan tidak
terpisah dari usaha besar memperjuangkan kemerdekaan sejati Bangsa dan Rakyat
Indonesia.
Untuk sekedar mengetahui
latar-belakang mengapa Tan Malaka sebagai seorang pejuang besar dan
revolusioner itu sadar dan dengan ikhlas terjun dalam dunia pendidikan
pergerakan Islam seperti Sarekat Islam ? Tidak lain karena keyakinannya bahwa
kekuatan pendorong pergerakan Indonesia itu adalah seluruh lapisan dan golongan
Rakyat melarat Indonesia, tidak perduli apakah ia seorang Islam, seorang
nasionalis ataupun seorang sosialis.
Seluruh kekuatan Rakyat
ini harus dihimpun dan disatukan untuk menumbangkan kolonialisme Belanda di
Tanah Air kita. Persatuan ini harus di tempat di kawah candradimukanya
perjuangan menumbangkan kolonialisme dan imperialisme. Inilah mengapa Tan
Malaka pun tidak ragu-ragu dan secara ikhlas terjun dalam dunia pendidikan
masyarakat Islam. Dalam lingkungan pendidikan Serikat Islam yang merupakan
pergerakan rakyat yang hebat pada waktu itu. Jangan pula dilupakan bahwa usia
Tan Malaka pada waktu itu masih sangat muda.
Memasuki ISI dari karya
pendek Tan Malaka ini, dikemukakan oleh Tan Malaka TIGA TUJUAN pendidikan dan
kerakyatan sebagai berikut :
1. Pendidikan
ketrampilan/Ilmu Pengetahuan seperti : berhitung, menulis, ilmu bumi, bahasa
dsb. Sebagai bekal dalam penghidupan nanti dalam masyarakat KEMODALAN.
2. Pendidikan
bergaul/berorganisasi serta berdemokrasi untuk mengembangkan kepribadian yang
tangguh, kepercayaan pada diri sendiri, harga diri dan cinta kepada rakyat
miskin.
3. Pendidikan untuk selalu
berorientasi ke bawah.
Si Kromo, si-Marhaen,
si-Murba tanpa memandang kepercayaan agama, keyakinan dan kedudukan mereka,
dalam hal ini termasuk golongan-golongan rakyat miskin lainnya.
Ketiga TUJUAN pendidikan
kerakyatan tersebut telah dirintis oleh Tan Malaka dan para pemimpin Rakyat
lainnya seperti Ki Hajar Dewantara, Muhammadiyah, pesantren-pesantren Nahdatul
Ulama, SI dsb. Semua usaha, pengorbanan mereka itu tidak sedikit sahamnya dalam
Pembangunan Bangsa/National Building dan dalam membangkitkan semangat
perjuangan memerdekakan Rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan. Merek atelah
memberikan yang terbaik dalam hidup mereka kepada Bangsa dan Rakyat Indonesia.
Mereka telah tiada, tetapi jiwanya yang menulis, jiwa-besar mereka,
pikiran-pikirannya yang agung akan tetap hidup sepanjang zaman.
Akhir kata dikutip di
bawah ini ucapan tokoh besar pergerakan kemerdekaan dan pemimpin besar Presiden
Amerika Serikat ABRAHAM LINCOLN sebagai berikut :
“WE MUST FIRST KNOW WHAT
WE ARE, WHERE WE ARE AND WHERE WE ARE GOING, BEFORE SAYING WHAT TO DO AND HOW
TO DO IT”
”Pertama-tama harus
diketahui Apa kita, dan Dimana Kita serta Kemana Kita akan pergi, sebelum
mengatakan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukanya”.
Penerbit,
Yayasan Massa, 1987
SI Semarang dan Onderwijs
PENDAHULUAN
Tergopoh-gopoh kita
mengeluarkan buku ini, yang maksudnya hendak menggambar dan menuliskan
percobaan Onderwijs, yang rasanya cocok dengan keperluan dan cita-cita Rakyat,
yang melarat.
Hampir semua lid SI
Semarang kenal sama SI school. Mereka yang hampir pada tiap-tiap vergadering
mendengarkan propaganda yang berhubungan dengan sekolah tiu, tentulah akan
lebih suka lagi, kalau mempunyai suatu buku, yang lebih jelas menerangkan
keadaan serta hal ikhwalnya sekolah itu. Dengan buku itu kita bisa pula mengumumkan
haluan SI school dimana-mana , juga pada tempat-tempat yang sudah setuju dengan
Semarang.
Buku ini tentu belum
sempurna, sebab sekolah SI masih baru sekali. Lagi pula kita sengaja bercerita
pendek, buat menerangkan yang perlu saja, sehingga orang yang tidak paham dalam
hal ilmu didikan, juga bisa mengambil arti yang berguna bagi dirinya sendiri.
Kita berharap, bahwa
dengan cerita yang pendek itu, beserta gambar-gambaran, sampai maksud kita
yakni hendak melukiskan didikan Rakyat yang kita katakan tadi. Sungguhpun kita
belum tahu, akan hasil perbuatan kita, tetapi kalau kita tilik sikapnya pihak
sana, maka kita boleh mengambil keyakinan, bahwa jalan kita ada baik. Baru saja
sekolah kita dibuka, Surabayasch Handelsblad serta konco-konconya sudah berteriak
: “Hai, pemerintah awasi sekolah SI itu”. Wakil pemerintah di Semarang (Ass.
Resident) sudah melarang membikin pasar derma (dengan art 520. WVS ??), yang
selamanya ini boleh dilakukan, melarang anak-anak kromo meminta darma dengan
menyanyi international (sepanjang art 154. WVS).
Pendeknya sekalian
halang-halangan itu, yang dirasa menutup jalan untuk memperbaiki sekolah, sudah
menimbulkan protest besar pada tanggal 13 Nopember ini, pada vergadering SI
yang dikunjungi oleh kira-kira 5000 orang lelaki dan plm. 4000 orang perempuan.
Perkara tanah yang juga penting buat Rakyat Semarang cuma memakan kira-kira 1
jam, sedangkan perkara onderwijs itu ada menghabiskan waktu kira-kira 2 ½ jam.
Selama kita tinggal di
Semarang, belumlah pernah kita menyaksikan suara yang begitu tajam dan keras,
baik dari pihak Destuur ataupun lid-lid SI. Sikapnya vergadering tadi
seolah-olah seekor burung, yang anaknya disambar Elang. Di dalam di luar
vergadering (di desa-desa) kita mendengar: SI school mesti terus:
Ya, SI school mesti terus,
inilah jawab kita.
PERATURAN ONDERBOUW (SEKOLAH RENDAH)
Bahwa sekolah SI bukan
seperti sekolah particulier yang lain-lain, yakni pertama sekali buat mencari
keuntungan, bolehlah kita buktikan dengan bermacam-macam jalan. Bukan saja
karena ongkos buat uang sekolah adalah lebih enteng, dan pengajaran ternyata
lebih baik seperti keterangan anak-anak sendiri yang datang dari
sekolah-sekolah partkulier, tetapi yang terutama sekali, karena hawa (=geest)
di sekolah SI ada lebih sehat dan lebih dekat pada watak dan sifat anak asal
dari Timur, yakni kalau kita bandingkan dengan geewst di sekolah-sekolah
partikulier atau HIS Gouvernement. Nyata buat kita yang anak-anak suka bekerja
keras untuk mencari kepandaian, yang perlu kelak buat keperluan hidup (seperti
membaca, menulis, berhitung, bahasa dsb) pada dunia kemodalan, yang tiada
mempunyai kasihan satu sama lain, pada dunia yang memberi rezeki dan
keselamatan cuma pada yang kuat dan pintar saja. Itu memang kewajiban kita
sebagai gurunya, supaya kelak anak-anak yang keluar dari sekolah SI cukup
membawa senjata untuk perjuangan kelak dalam hal mencari pakaian dan makanan
buat anak istrinya.
Pula kita tidak lupa,
bahwa ia masih kanak-kanak dalam usia mana ia belum boleh merasa sengsaranya
hidup dan berhak atas kesukaan bergaul sebagai kanak-kanak.
Perkara yang ketiga kita
ingat juga, bahwa murid-murid kita kelak jangan hendaknya lupa pada
berjuta-juta Kaum Kromo, yang hidup dalam kemelaratan dan kegelapan. Bukanlah
seperti pemuda-pemuda yang keluar dari sekolah-sekolah biasa (Gouvernement)
campur lupa dan menghina bangsa sendiri.
Ringkasnya maksud kita
yang terutama :
I. Memberi senjata cukup, buat mencari penghidupan dalam dunia kemodalan (berhitung, menulis, membacara, babad, ilmu bumi, bahasa Jawa, Melayu, Belanda dan sebagainya).
Perkara yang pertama ini tidak perlu kita panjangkan. Tiap-tiap kita yang keluar dari sekolah sudah tahu, apa artinya pengajaran sekolah hari-hari. Cuma kita dengan pengajaran sekolah itu juga mesti bangunkan hati merdeka, sebagai manusia dengan bermacam-macam jalan. Lagi pula kita mesti bangunkan sifat-sifat kuno, yang terbilang baik. Nyanyi-nyanyi jawa dan wayang-wayang begitu juga menggambarkan wayang-wayang yang begitu sukar kita hargai tinggi. Dalam dua tiga hari saja dinding sekolah kita sudah penuh dengan bermacam-macam gambaran wayang (Bambang Irawan, Prabu Doso Muko, Gatot Koco dan sebagainya), yang digambar oleh anak-anak sendiri dalam waktu temponya. Dalam kepintaran menggambar ini kita sebagai guru mengaku tunduk sama anak-anak yang berumur 10 atau 12 tahun itu. Kita berani mengatakan, yang juga anak-anak eropa yang berumur sebegitu, atau lebih, mesti akan kalah sama anak-anak kita. Nah, kalau bangsa Eropa meninggikan betul kepintaran menggambar itu, lebih-lebih bangsa Belanda, kenapa tidak dikeluarkan kepandaian yang memang tersembunyi pada bangsa jawa itu? Jawabnya: barangkali sebab pabrik gula atau kantor post lebih suka sama yang pandai menyalin kopi, atau menghitung uang masuk dan keluar, dari pada sama orang, yang pandai menggambar Doso Muko.
Perkara berhitung, tentu
kita berani tanggung. Kita tahu, bahwa orang-orang sekolah kelas II dahulu
lebih pintar berhitung dari keluaran sekolah HIS sekarang, seperti juga
orang-orang keluaran sekolah kweekshchool 20 tahun yang lalau umpamanya, lebih
gemar dan lebih pandai berhitung dari keluaran kweekschool sekarang. Tentulah
bahasa Belanda itu sangat menghambat kemajuan berhitung. Juga caranya mengajar.
Dahulu orang-orang itu disuruh sendirinya saja berhitung. Cuma apa yang tidak
bisa saja yang diterangkan.
Bukankah seperti sekarang
guru-guru mabuk methode (cara mengajar), sehingga anak-anak tidak bisa cari
jalan sendiri. Kita ingat akan babad onderwijs (sejarah pendidikan) di negeri
Belanda, dimana orang-orang tani desapun, beberapa ratus tahun dulunya, turut
campur berhitung. Semua isi desa memikirkan suatu persoalan, dan yang mendapat
pendapatan dimuliakan betul. Kita sendiri masih ingat akan masa, dimana
teman-teman kita murid sekolah kelas II (bukan HIS) kesana sini pergi mencari
hitungan. Di sekolah SI kita biarkan juga kemauan berhitung itu. Yang pandai
kita suruh terus, beberapa kuatnya saja, sehingga sudah ada anak yang duduk di
kelas IV umpamanya, yang sekarang sama kitab hitungannya dengan kelas V HIS.
Kita memang tidak pakai
Rooster (daftar pengajaran) seperti HIS. Tidak saja dalam berhitung kita lepas
anak-anak sebagaimana kuatnya, tetapi dalam hal mengajar bahasa (Belanda) kita
melanggar Rooster. Di kelas II umpamanya duduk anak-anak ada yang sampai
berumur 13 tahun. Anak-anak ini keluar sekolah kelas II. Kita mesti terima
anak-anak ini. Kalau tidak tentu dia mesti mondar-mandir saja di jalan rayat,
karena sekolah yang lain buatnya tidak ada, atau terlampau mahal.
Kita jangan lupa, bahwa
diantaranya banyak yang kencang otak, cuma tak bisa bahasa Belanda saja. Tetapi
sebab kelak perlawanannya ialah kaum modal, yang memakai bahasa Belanda, maka
perlu sekali kita ajarkan betul bahasa itu, terutama untuk mengerti, baru yang
kedua untuk menulis atau berbicara dalam bahasa itu. Jadi sebab anak-anak berumur
13 tahun ke bawah itu sudah bisa berhitung buat kelas II, sementara kita
pentingkan mengajarkan bahasa Belanda. Tentulah sementara saja, karena kita
tidak lupa akan pengajaran lain-lain.
Anak-anak keluaran kelas
II itu menjadi pertimbangan yang penting sekali buat kita. Untuk mencari
pekerjaan mereka itu masih amat kecil. Tetapi ia tiada bisa meneruskan
pengajaran. Sebab itulah mereka itu merasa sampai hati sanubarinya dihimpit
oleh kemodalan, yang memberi onderwijs (pendidikan) buat yang kaya dan yang
mampu membayar saja. Inilah anak-anak yang mudah dimasuki rasa kemerdekaan
karena mau naik, tetapi tiada bisa. Pemuda-pemuda semacam inilah di Rusia, yang
di muka, di medan peperangan yang menahan pelornya kaum Modal, yang
mempertahankan peraturan Komunisme, yang memberi kesempatan bagi kemajuan
pikiran dan perasaan pada tiap-tiap manusia. Anak-anak kita di SI school yang
keluar kelas II ada serupa kaumnya di Rusia tadi.
Dialah yang rajin, gemar
dan kalau menyanyikan internasional (lagunya kaum yang tertindas di atas
dunia), maka suaranyalah yang keras dan matanyalah yang bercahaya api,
disebabkan oleh arti lagu internasional itu.
Selain dari pada vak-vak
(mata pelajaran) berhitung, menggambar, bahasa itu, tentulah vak-vak ilmu bumi,
babad (sejarah) dunia, menyanyi dan sebagainya kita ajarkan dengan cara dan
dasar, yang cocok dengan haluan kaum SI, ialah kaum yang melarat. Semua ini
belumlah program yang sempurna. Kalau ada perlu tentu disana-sini boleh
dirubah.
II. Memberi haknya murid-murid, yakni kesukaan hidup, dengan jalan pergaulan.
Kalau kita perhatikan pergaulan anak-anak di sekolah-sekolah masa sekarang, maka sia-sialah kita mencari geest (hawa) yang sepadan dengan usianya anak-anak. Murid-murid sekarang kerjanya lain tidak semacam mesin pabrik gula, yang siang malam tak berhenti bekerja. Siang malam anak-anak mesti belajar dan menghafalkan pelajaran, sehingga tiadalah berapa waktu tinggal untuk bermain-main. Lain dari pada waktu uitspanning, (main-main di pelataran) tiadalah ada mereka sanggup bercampur-campur. Satu sama lain kenalnya di kelas saja, sehingga kanak-kanak tiada merasa enaknya kumpul-berkumpul. Sifat ini kelak kalau besar akan terbawa-bawa juga, sehingga tiap-tiapnya orang suka mencari kesenangan sendiri-sendiri saja.
Anak-anak itu memangnya
suka berkumpul-kumpul. Dalam permainan apapun juga, ia ada mempunyai peraturan
sendiri. Sungguhpun peraturan tadi (dalam main layangan umpamanya) tidak
dituliskan pada Reglement, tetapi mereka yang kecil-kecil itu tiada akan
melanggar peraturan yang tetap. Dalam permainan apapun juga kita bisa pastikan,
bahwa di sana ada kepala, yang menguruskan permainan, sungguhpun kepala tadi
tidak dipilih dengan cara memilih seperti dalam sebuah vereeniging. Kalau ada
anak yang melanggar adat bermain, mak anak itu lekas kena tegur dan kalau tiada
mau mendengar, maka ia akan kena boycot.
Sifat yang batin-batin
itu, mesti kita majukan, dan mesti kita sambung. Apa yang kurang mesti kita
tambah. Tetapi tidak semacam guru tidak boleh jadi diktator dalam permainannya.
Dia mesti merdeka sendirinya. Cuma kalau dia salah atau tidak tahu jalan, baru
kita memberi nasehat.
Sifat suka bergaul itu
kita sudah mencoba membangunkan sedikit dengan perkataan. Dengan lekas
anak-anak kita di SI school mau mengambil buktinya. Dengan segera terdiri suatu
“Commite untuk Bibliotheek” (perkumpulan buku-buku) dan baru-baru ini Commite
Kebersihan, dan Voetbal Club (klub sepakbola), Coorzitter dan bestuur yang
lain-lain sama sekali dipilih oleh anak-anak. Begitupun Reglementnya dibikinnya
sendiri. Dalam watku uitspanning atau sesudah sekolah, maka kita melihat mereka
sering mengadakan Vergadering, untuk merembukkan ini itu. Dalam Vergadering SI
(orang besar) anak-anak kita yang berumur 13 atau 14 tahun itu sudah pernah
bicara, di Semarang ataupun Kali Wungu.
Sedangkan orang-orang tua
dan pintar masih gentar dan takut bicara di muka orang banyak; tetapi anak-anak
SI school sudah pernah menarik hati orang-orang tua, lantaran keberaniannya.
Mereka yang kecil, yang memakai selempang, ditulis dengan rasa kemerdekaan,
anak-anak yang berpidato dan menyanyikan internasional, sudah pernah
menjatuhkan air mata beberapa lid SI yang mengunjungi Vergadering.
Anak-anak kita akan terus
bikin propaganda untuk Bibliotheeknya tadi. Selama ini disambut dengan girang
hati. Begitu juga murid-murid SI ada berpengarapan, yang kasnya akan lekas
terisi derma, dan lemarinya akan terisi buku-buku, yang dikehendakinya.
Dalam hal organisasinya
tadi, kita hampir tiada menolong apa-apa, karena maksud kita bukan hendak
mendidik anak-anak jadi Gromopon. Kita mau, supaya dia berpikir dan berjalan
sendiri.
Besar pengharapan kita,
bahwa kelak Vereeniging yang lain-lain seperti tooneel (komidi, sandiwara),
wayang menyanyi, surat kabar dan lain-lain, yang setengahnya sekarang masih
dalam pikiran saja akan hidup dan maju seperti “Vereeniging Bibliotheeknya”
ini.
III. Menuju kewajibannya kelak, terhadap pada berjuta-juta Kaum Kromo
Ini maksud mudah
dituliskan, tetapi tiada mudah disampaikan. Kita jangan lupa, bahwa kita
mengajar kanak-kanak, yang belum pernah membanting tulang sendiri buat mencari
penghidupan untuk anak istrinya. Seorang yang mempunyai hati dan pikiran yang
suci mudah kemasukan iblis, kalau sudah ditimpa bahaya kemelaratan hidup.
Demikian juga kelak anak-anak keluaran SI tentu akan ada juga yang pecah iman,
kalau mesti masuk pada neraka kemodalan. Hal itu tentu tiada boleh menakuti
kita; hanyalah menambah memaksa memikirkan daya upaya, supaya anak-anak
keluaran sekolah SI jangan kelak membelakangi Rakyat.
Kalau kita periksa
dalam-dalam segala perkara-perkara yang memisahkan pemuda-pemuda keluaran
sekolah Governement dari Kaum Kromo, maka ternyatalah, bahwa perkara-perkara
itu mesti dicari pada sifatnya didikan sekolah-sekolah tersebut.
Di sekolah Governement
diajarkan kebersihan pada murid-murid, tetapi tiada dibilang, bahwa Kromo tiada
tahu, apa yang bersih, kalau tahu apa bahaya kekotoran. Nanti kalau murid-murid
ini sudah besar, maka tiadalah sedikit juga kehendak padanya untuk membangunkan
kebiasan kebersihan itu pada kaum melarat itu. Tidak, malah mereka dalam
batinnya turut benci pada si Kromo yang kotor katanya itu, dan turut membilang,
bahwa kekotoran itu memang sudah sifatnya si Kromo. Jadi didikan sekolah
Governement semacam itu, yang tiada disertai kecintaan atas Rakyat, tiada
menanam kewajiban buat menaikkan derajat Rakyat menyebabkan, maka didikan itu
menimbulkan suatu kaum (bernama kaum terpelajar) yang terpisah dari Rakyat.
Tentulah tiada perkara
kebersihan saja yang mendatangkan pisahan itu. Juga kepandaian, adat istiadat,
yang didengarkan atau dibacanya dalam sekolah, sama sekali tidak menanam belas
kasihan pada Kromo. Dan kalau tiada dibangunkan rasa kewajiban dan kecintaan,
maka sudahlah tentu yang bersih pandai dan sopan itu tiada akan tahu menahu
yang kotor, bodoh dan biadab, kata kaum sana itu.
Perkara juga yang bisa
mendatangkan pisahan itu ialah perceraian kerja tangan dan kerja otak. Sekolah
biasa dianggap cuma buat mencari kepandaian otak saja. Itulah pula kerjanya
anak-anak itu hari-hari. Dahulu kala, dan sekarang juga, anak-anak itu di desa
turut mencangkul atau bertukang. Semuanya dilakukannya dengan kegemaran. Tetapi
pada sekolah zaman sekarang bertukang atau mencangkul itu cuma dilihatnya saja
baik dalam perjalanan atau pada gambar-gambar sekolah. Kalau
pekerjaan-pekerjaan itu dilakukan oleh kaum kotor, bodoh dan sebagainya,
heranlah kita, kalau pemuda-pemuda yang bernama terpelajar itu kelak berpikir:
Kerja tangan itu rendah sekali?
Di sekolah SI tidak saja
dibilang apa yang bersih, tetapi diajarkan sendiri mencari kebersihan.
Jongos-jongosan tidak ada.
Baru-baru ini sesudah kita
mencela kekotoran sekolah dan perkakasnya sekolah kita sendiri, maka segera
dibangunkan “Commite kebersihan”, Commite inilah yang menjaga supaya segala
pekerjaan berhubung dengan kebersihan sekolah (bangku, bord, dsb)
dilangsungkan. Kalau sekarang belum pukul delapan kita memasuki kantor SI maka
kelihatanlah anak-anak yang bersingsing lengan baju, memegang kain atau ember
untuk membersihkan bangku atau bord (papan tulis). Ini kemajuan besar. Karena,
kalau 2 atau 3 bulan yang lalu, kita sedikit minta tolong, umpamanya
membersihkan papan, maka kita lihat muka yang seolah-olah mau berkata : “Ini
pekejaan jongos”.
Memandang rendah pada
pekerjaan tangan, yakni kerja ibu bapaknya hari-harian, itulah yang mau kita
perangi dengan sekuat-kuatnya. Anak-anak mesti cinta pada segala macam pekerjaan
yang disahkan (halal).
Sesudah kita bisa buang
sifat didikan yang bisa mendatangkan benci pada kaum Kromo (yang kerja tangan)
itu, maka harus kita perhubungkan anak-anak kita dengan kaum melarat. Itulah
gunanya, kalau ada tempo kita membicarakan nasib si kromo; kita menanam hati
belas kasihan sama bangsa yang tertindas; kita menunjukkan kewajiban sebagai
anak kaum yang tertindas itu. Sebab itulah kita membangunkan hatinya, supaya
berani bicara dalam Vergadering SI, atau Vergadering Kaum Buruh.
Bijak dan berani
berpidato, yakni kepandaian yang dimuliakan oleh segala bangsa yang merdeka,
baik dahulu, baik sekarang, bisa ditanam cuma dengan jalan Vergadering saja.
Kalau kita amat-amati pemimpin-pemimpin muda kita, baik dalam Commite
Bibliotheek, “Commite kebersihan” atau “Voetbal Club” dalam Vergaeringnya
masing-masing, maka mudah kita saksikan, bahwa dalam Vergaderingnya itu ada
orde (aturan), dan ada hati sungguh (baik dari pihak speker (pembicara) ataupun
yang mendengar). Kadang-kadang kita heran melihat, bagaimana seorang
kanak-kanak bisa mengenggam Vergadering yang dikunjungi oleh lebih kurang 180
anak-anak. Vereeniging inilah suatu sekolah, yang besar artinya untuk mendidik
rasa dan hati mereka; mendidik untuk memikirkan dan menjalankan peraturan buat
pergaulan hidup, mendidik untuk fasih dan berani bicara, didikan mana dalam
zaman perbudakan ini lebih besar harganya dari pada mengetahui, berapa
banyaknya sungai-sungai di pulau Borneo umpamanya.
Kalau kita bisa
menyambungkan perkumpulannya dalam sekolah itu dengan perkumpulannya ibu
bapaknya seperti Serikat Islam, maka rasanya kelak, kalau ia keluar sekolah
tidak akan berpisah dengan ibu bapaknya itu. Sebab itulah maka kalau ada
vergaering SI Semarang, kita mengajak anak-anak yang sudah mengerti, mengunjungi
vergadering tadi.
RINGKASNYA :
1.
Di
sekolah anak-anak SI mendirikan dan menguruskan sendiri pelbagai-bagai
vereeniging, yang berguna buat lahir dan batin (kekuatan badan dan otak). Dalam
urusan vereeniging-vereeniging tadi anak-anak itu sudah belajar membikin
kerukunan dan tegasnya sudah mengerti dan merasa lezat pergaulan hidup.
2.
Di
sekolah diceritakan nasibnya Kaum Melarat di Hindia dan dunia lain, dan juga
sebab-sebab yang mendatangkan kemelaratan itu. Selainnya dari pada itu kita
membangunkan hati belas kasihan pada kaum terhina itu, dan berhubung dengan hal
ini, kita menunjukkan akan kewajiban kelak, kalau ia balik, ialah akan membela
berjuta-juta kaum Proletar.
3.
Dalam
vergadering SI dan Buruh, maka murid-murid yang sudah bisa mengerti, diajak
menyaksikan dengan mata sendiri suaranya kaum Kromo, dan diajak mengeluarkan
pikiran atau perasaan yang sepadan dengan usianya (umur), pendeknya diajak
berpidato.
4.
Sehingga,
kalau ia kelak menjadi besar, maka perhubungan pelajaran sekolah SI dengan
ikhtiar hendak membela Rakyat tidak dalam buku atau kenang-kenangan saja, malah
sudah menjadi watak dan kebiasannya masing-masing.
PERATURAN MIDDENBOUW (SEKOLAH TENGAH)
Demikianlah bunyinya
program SI school di Semarang. Menilik nama Brosure kita yakin bahwa maksud kita
bukan hendak mengadakan satu sekolah saja, malah mempertimbangkan hal onderwijs
(haluan didikan), juga buat SI. Tegasnya maksud kita mencari suatu macam
didikan yang bisa mendatangkan faedah bagi Rakyat, negeri-negeri lain di luar
semarang, yang mau mendirikan sekolah seperti di Semarang, maka kita mesti
mengatur sekolah itu seperti di Semarang juga.
Sampai sekarang sudah ada
tiga atau empat kota yang sudah meminta pada kita, supaya diadakan dan diatur
pula sekolah-sekolah SI. Kota-kota itu sudah siap murid, siap bangku sekolah
dan perkakas yang lain-lain. Cuma belum siap akan gurunya. Perkara guru itu
penting sekali. Jarang guru keluaran keewwkschool, yang mau atau berani memihak
pada kita, kalau memihak, ialah karena gaji saja, bukan karena hati atau haluannya.
Sebab itulah kita sendiri
pula mesti menanam guru buat SI school itu (sekolah tengah). Pekerjaan ini
sudah kita mulai, jadi tidak tinggal dalam pikiran saja lagi. Setiap sore
(sementara ini baru 3 x satu minggu saja) di kantor SI diadakan kursus mengajar
murid-murid SI yang kelas V, VI, dan VII (jadi murid-murid yang berumur dari 15
tahun ke atas) menjadi guru. Murid-murid itu biasanya kebetulan keluaran
sekolah kelas II, jadi sudah menerima pengajaran dalam berbagai-bagai
kepandaian. Dalam kepandaian yang tersebut dan dalam bahasa Belanda mereka
tiap-tiap pagi dari pukul 8 – 1 dapat pelajaran. Sebab ia keluaran kelas II
tadi, maka ia biasanya lekas sudah berhitung, menulis dan sebagainya. Jika ia
sudah, maka ia segera disuruh menolong mengajar di kelas rendah SI school yakni
pada anak-anak yang baru masuk sekolah. Jadi murid-murid yang besar-besar tadi
tiap-tiap hari boleh belajar mendidik, tidak dalam teori saja, malah juga dalam
praktek.
Pendeknya kerja
murid-murid di atas dari kelas V yang keluaran sekolah kelas II, dan berumur
lebih dari 15 tahun adalah seperti di bawah ini :
a.
Dari
pukul 8 – 1 (pagi) ia meneruskan pelajarannya di sekolah. Karena ia lekas sudah
mengerjakan tiap-tiap vak, maka selama ¼ jam temponya itu, ia disuruh membantu
guru-guru SI di kelas I dan II (semacam guru bantu).
b.
Tiap-tiap
sore murid-murid besar itu diberi ilmu pendidikan (paegogogie), supaya teorinya
buat mengajar semacam guru.
Selamanya ini pekerjaan
ada langsung. Sebentar lagi kita memang berani mempercayakan kelas I sama
sekali kepada anak-anak yang sudah kena kursus itu. Tentulah kursus sore itu
belum bisa sempurna, sebab belum cukup banyaknya anak-anak yang dari kelas V ke
atas itu. Sesudah tiga atau empat tahun lagi barulah kursus sore itu bisa
diatur semacam kweekschool yakni dikasih pengajaran sama tinggi dengan
kweekschool Gouvernement. (kita sendiri juga sudah keluaran Kweekschool
Gouvernement itu).
Tetapi sebab permintaan
negeri-negeri yang lain-lain di atas tadi, maka dari sekarang kita mesti
bersiap. Tiadalah ada salahnya kalau sekarang lebih dahulu kita bicarakan gaji
murid-murid keluaran kursus tadi. Kalau murid sudah mendapat kursus 1 tahun,
jadi dihitung berhak mengajar di kelas I SI school, maka gajinya plm. bisa f
40,-. Kalau murid itu sudah dapat kursus 2 tahun jadi dihitung berhak (bevoegd)
mengajar di kelas II SI school, maka gajinya kira-kira bisa f 50,-. Demikianlah
berturut-turut, sehingga kalau guru-guru tadi sudah berhak (bevoegd) mengajar
di kelas VII SI dan umurnya dipukul rata 22 tahun, maka gajinya bisa f 100,-.
Kalau sekolah maju dan muridnya bertambah-tambah, tentu gajinya guru keluaran
kweekschool SI bisa sempurna.
Di bawah ini kita kasih
begrooting, yang kira-kira bisa diteruskan di kota besar-besar seperti Semarang,
Surabaya, Bandung, Jakarta, dsb.
SI, school yang mempunyai
murid 300. jumlah uang sekolah sebulan = 300 x f 3 = f 900. Gaji guru-guru = f
40 + f 50 +f 60 + f 70 + f 80 + f 90 + f 100 = f 490. Sisa = f 510.Yang f 500
lebihnya ini boleh sebagian dipakai untuk menambah gaji guru yang sudah lama
dinas, yang rajin, pandai dan sebagainya sehingga rasanya maximum f 200 bisa
didapat. Banyak murid itu bisa lebih dari 300, karena kita bikin paralelklassen
(Ia, Ib, Ic; kelas-kelas ini sama pengajarannya, Cuma gurunya lain-lain,
sehingga di klas I saja bisa masuk lebih dari 2 atau 3 guru, dan murid lebih
dari 100 atau 200).
Jadi pendeknya
pemuda-pemuda keluaran kursus SI Semarang, bisa jadi guru di SI school
lain-lain. Buat anak-anak keluaran kelas II school juga kita terima terbuka
jalan buat memimpin Rakyat, baik yang kecil, baik yang besar. Karena sesudah
sekolah, maka guru-guru SI school bisa membela perkumpulan politik atau
Vakvereeniging, ilmu-ilmu mana di SI school sudah diteori dan dipraktekan.
Berapa perlunya onderwijs
di Hindia ini tiadalah berguna dibicarakan lagi. Berapa banyaknya kota-kota
yang bisa kita rebut sekolahnya sudah terang, bahwa Gouvernement tidak akan
bisa dalam 10 tahun ini memberi pengajaran pada 50 % anak-anak saja (di tanah
Jawa saja baru kira-kira 2 % orang keluaran sekolah Gouvernement) karena
memangnya tidak ada orang, kalau buat ornderwijs, sebab sudah banyak termakan
oleh lasykar darat dan laut. Pemerintah sekarang asyik membicarakan dan
meneruskan perkara armada laut, yang akan memakai ongkos kira-kira f
220.000.000,- Apalagi leerplicht (paksaan memasukan tiap-tiap anak ke sekolah),
tentulah masih bertambah mustahil (jauh) lagi.
Buat kita SI yang memihak
pada Rakyat masih besar pasar yang bisa direbut. Makin lekas kita bergerak, dan
bersiaplah murid dan sekolah, makin lekas sampai maksud. Kalau kita kaum Rakyat
kerja keras semacam ini, tentu dalam 10 atau 15 tahun sudah bisa memakan
hasilnya pekerjaan kita. Sudah bisa beribu kaum yang tepelajar, yang pandai
mengerti dan memihak dengan pikiran dan nyawanya pada Rakyat.
Peraturan onderwijs
semacam ini tidak mimpi saja, tetapi bisa menjadi, ya, dan mesti menjadinya.
Berulang-ulang sudah diterangkan, bahwa dari pemuda-pemuda keluaran sekolah
Gouvernement tidak boleh kita mengharapkan besar pertolongan buat pergerakan
Rakyat. Seperti sudah diterangkan di atas, anak-anak yang sebagian besar
keluaran kweekschool SI bisa dapat pekerjaan di golongan SI (lain dari pada
sekolah tentu vak-vak vereeniging akan suka mengambil anak-anak keluaran SI kita).
Anak-anak keluaran SI
school, yang mau meneruskan pengajaran pada ambachtschool Gouvernement dan
sebagainya, tentu dari pihak kita tak akan dapat halangan. Melainkan kita akan
menjaga, supaya ia sanggup membuat examen (ujian). Sekarangpun rupanya sudah
ada satu dua anak-anak yang baru-baru ini tidak diterima di HIS lantaran mana
ia lari dari SI school kita, tetapi belum lama ini diterima di HIS tadi. Jadi
rupanya pintu HIS Gouvernement, tidak ditutup buat anak-anak SI school.
Sebaliknya, kita tak perlu
takut, bahwa skolah SI kita akan jadi kosong. Anak-anak keluaran kelas II
berumur 12 - 13, yakni bibit kita sejati, tidak akan bisa diterima oleh
Gouvernement. Lagi pula tiap-tiap minggu Kromo membawa anaknya pada kita, dan
tiap-tiap minggu anak-anak minta keluar dari partikulir 1-1, dan masuk pada
sekolah kita.
Katanya sebab pelajaran
baik, bayaran lebih murah dan buat anak-anak ada bermacam-macam permainan dan
perkumpulan. Kebenaran itu boleh kita buktikan, dengan keterangan, bahwa ada
murid kita yang dari Cepu, dari Sragen (Solo), dari Jawa Barat dan lain-lain.
Diantaranya ada yang minta keluar dari HIS Gouvernement.
Pendek kata, dalam
berlomba mencari pasar, yakni merebut mendidik sekalian anak Kromo, SI tak
perlu khawatir. Makin besar dan banyak sekolah-sekolah kita dirikan, makin
lekas kita sampai di padang kemajuan. Kalau onderbouw (sekolah rendah) sudah
cukup, maka niscaya kita dengan pertolongan SI bisa mendirikan middenbouw
(sekolah tengah). Kalau sudah ada umpamanya 6 sekolah rendah, dan sekolah-sekolah
itu diatur dari central, maka tiadalah akan susah bagi tiap-tiap sekolah
mengadakan fonds (dana) kira-kira f 100 sebulan, sehingga sesudah 5 tahun saja
sudah bisa ada uang kira-kira f 40.000,- Dengan derma dan l.l uang itu boleh
ditambah-tambah. Sesudah 5 atau 6 tahun SI school berdiri, yaitu sesudah
kira-kira ada anak-anak yang mesti keluar, maka anak-anak itu boleh meneruskan
pengajarannya di sekolah tengah SI ambachtsschool umpamanya.
Peraturan batin
ambachtsschool itu kita mesti pegang sendiri (buku-buku baca, ilmu bumi, babad,
dan sebagainya). Hanya perkara bertukang atau tehnik kita serahkan pada
guru-guru yang biasa. Guru ini mudah saja didapat. Di negeri Jepang, Swedia,
atau Swiss ribuan orang yang pandai dan mau meninggalkan engeri, kalau ada
penghidupan yang sempurna di negeri lain. Juga di Hindia ini lambat launnya
akan timbul pemuda-pemuda yang rela memihak pada kita. Ringkasnya perkara guru
itu (tehnik) kita tak perlu sekejappun cemas, asal ada uang di Kas.
Pun buat anak-anak
keluaran ambachtsschool atau sekolah tengah lain-lain itu, adalah akan mudah
juga jalan penghidupan, asal didikannya kerakyatan. Asal masih ada Rakyat dan
pergerakan di Hindia ini, maka bagi pemuda-pemuda itu akan cukup pekerjaan.
Bersambung dengan Rakyat dia akan bisa memimpin Koperasi dalam pertukangan
umpamanya. Lagipun di tempat lain-lain tentu ia bisa dapat kerja, asal pintar
dan rajin saja.
Demikianlah ringkasnya
saja maksud kita tentangan onderwijs buat Rakyat. Barangkali reaksi dan musuh
kita tak akan kurang terus memfitnah dan menghalang-halangi daya upaya kita.
Nyata sudah, bahwa dari pihak pemerintah kita tidak akan mendapat bantuan.
Jangankan bantuan, tetapi kemerdekaan pun tidak kita peroleh, yakni kemerdekaan
sepeti pada tiap-tiap orang atau vereeniging (partikulier dan zending) buat
mendirikan sekolah yang cocok dengan haluan masing-masing.
Seperti Muhammadiyah,
zending dan lain-lain di Hindia ini dapat kepercayaan dan bantuan lahir dan
batin dari pihak pemerintah. Pada bulan Agustus tahun ini pemerintah sudah
membenarkan statusnya “Vereeniging buat mendirikan dan menguruskan
sekolah-sekolah Kristen untuk uitgebreid Lager, Middelbaar dan Vakonderwijs-nya
di Jawa Tengah”. Dasar onderwijs-nya disebutkan Gods-Woord = Firman Tuhan,
yakni Tuhannya kaum Kristen. Memang sudah lama di Hindia ini zending bergerak
(Minahaasa, Batak, Ambon, Jawa). Memang sudah banyak di Hindia ini kaum
Kristen, lebih-lebih dalam bala tentara (Ambon, Manado).
Meskipun di Hindia ini
tinggal plm. 50 juta kaum Muslimin, tetapi pemerintah tiada menaruh keberatan
atas propaganda-nya kaum Kristen, yang dalam babad sering berperang-perangan
dengan kaum Muslimin. Kita orang perjuangan tentu tidak akan mengurangkan satu
agama terhadap kepada agama lain – Cuma kita campur meminta kemerdekaan seluas-luasnya,
buat onderwijs, yang sepanjang keyakinan kita cocok dengan keperluan Rakyat,
yang melarat, Onderwijs mana juga oleh SI Semarang sudah di akui sah.
Tetapi seperti sudah
disebutkan lebih dahulu, kita sudah dapat halangan keras, ketika SI mau mengadakan
pasar derma, untuk memperbaiki sekolah saja. Juga baru-baru ini dilarang
anak-anak mencari derma di desa-desa dengan menyanyi international. Karena kita
tidak mendapat subsidi, maka derma itulah saja jalan buat kita, untuk
meneruskan daya upaya. Sehingga kalau derma itu dihalang-halangi, maka sama
artinya dengan menghalang-halangi sekolah Serikat Islam.
Pendeknya, sekolah kita
ada bisa segenap waktu dapat ancaman atau bahaya.
Terus atau tidak kita
semata-mata bergantung pada SI. Kalau SI sama sekali mau mempertahankan bibit
yang sudah kita tanam itu seperti SI Semarang (Bandung, Sukabumi, dll juga akan
mau) maka halangan tentu semuanya terhindar. Sesudah tentu maksud kita gampang
dan lekas sampai.
Buat kita sendiri sudah
cukup bukti yang menerangkan, bahwa peraturan SI school Semarang, sudah
dimufakati oleh beribu-ribu kaum SI. Hal ini mengeraskan keyakinan kita, bahwa
jalan dan haluan kita lurus dan sah. Apa kehendak dan perbuatan kaum sama, kita
tunggu dengan hati tetap. Ikhtiar kita, yaitu hendak menarik hati SI terhadap
kepada didikan kita, sudahlah cukup hasilnya.
Kepercayaan Rakyat yang
sudah diperoleh itu bagi kita laksanakan sesuatu wet yang kita akui sah dan
terkuasa; kepercayaan itulah saja yang menumpu (mendorong) kita dari belakang
untuk berjalan terus, dengan tiada menoleh kiri kanan.
Daftar arti
kata-kata asing dalam karya Tan Malaka “SI SEMARANG dan
ONDERWIJS”
1. Onderwijs = Pengajaran, pendidikan, atau
perguruan.
2. Lid SI = Anggota Sarekat Islam.
3. SI School = Sekolah atau Perguruan SI.
4. Surabayasch Hendelsblad = Harian
perdagangan Belanda yag terbit di Surabaya.
5. Vergadering SI = Rapat atau pertemua SI.
6. Destuur = Pimpinan / pengurus.
7. Peraturan Onderbouw (sekolah dasar) =
Tingkat bawah / dasar.
8. Sekolah particulier = sekolah swasta.
9. Hawa (geest) di Sekolah SI = lebih tepat :
jiwa di sekolah SI.
10. HIS Gouvernement = Hollands Indlandse
School Governement = sekolah dasar pemerintah (khusus untuk pribumi anak
pegawai negeri tingkat menengah ke atas).
11. Vereeniging = perkumpulan, persatuan.
12. Sifat-sifat yang kuno = lebih tepat :
sifat-sifat yang lama.
13. Dalam watku temponya = dalam waktu
istirahat.
14. Kweekschool = sekolah pendidikan guru
(untuk sekolah dasar).
15. Sekolah kelas II = sekolah ongko loro,
sekolah dasar untuk anak pribumi golongan rendahan.
16. Babad onderwijs = sejarah pendidikan.
17. Kencang otak = berotak cerdas.
18. Rusland = Rusia.
19. Vak-vak berhitung, dll = mata pelajaran
berhitung dll.
20. Boycot = Boikot.
21. Reglement = Reglemen, peraturan.
22. Sifat yang batin-batin itu = Sifat kejiwaan
itu.
23. Bibliotheek = Perpustakaan.
24. Voetbal Club = Perkumpulan sepak bola.
25. Gromopon = Gramopon, pesawat pemutar
piringan hitam.
26. Bangku, bord, dsb = Bangku, papan tulis,
dsb.
27. Cukup aanleg dalam pertukangan = Cukup
berbakat dalam pertukangan
28. Bisa menggenggam vergadering = bisa
menguasai pertemuan / rapat.
29. Speker = Pembicara.
30. Peraturan Middenbouw (sekolah tengah) =
peraturan tingkat menengah (sekolah menengah).
31. Negeri-negeri lain = Daerah-daerah lain.
32. Uitspanning (pauze) = Waktu istirahat
(jedah).
33. Begrooting = Anggaran.
34. Parallelkalassen = Kelas-kelas sejajar,
misalnya kelas I a, I b, dsb.
35. Vakvereeniging = Serikat sekerja / buruh.
36. Lasykar darat dan laut = Angkatan darat dan
laut.
37. Leerplicht = Wajib belajar.
38. Ambachtschool Gouvernement = Sekolah tehnik
pemerintah.
39. Examen = Ujian.
40. Diatur dari Centraal = Diatur dari pusat.
41. Fonds = Dana.
42. Uitgebreid Lager, Middelbaar dan Vakbonderwijs
= pendidikan / pengajaran tingkat rendah, menengah dan kejuruan.
43. Wet = Hukum, undang-undang.
44. Babad = Sejarah.
45. Commite = Panitia.
46. Orde = Aturan.
47. Pulau Borneo = Kalimantan.
48. Ilmu didikan (paedagogie) = Ilmu
pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar